Sabtu, 08 September 2012

Selamat Hari Pamong Praja


Tanggal 08 September, di Indonesia secara resmi ditetapkan sebagai Hari Pamong Praja. Pamong praja berasal dari bahasa jawa. Pamong berasal dari kata among/momong, yang berarti mengasuh. Praja berarti pegawai pemerintahan. Jadi pamong praja adalah pegawai pemerintahan yang tugasnya memomong rakyat.
Di jaman sekarang ini, pamong praja dituntut selain bertugas membina ketentraman dan ketertiban, pembinaan politik dalam negeri, koordinasi, pengawasan, tugas residual juga berfungsi sebagai pemimpin sekaligus manajer masyarakat. Figur pimpinan yang didambakan rakyat dari pamong praja adalah yang mampu mengabdi pada rakyat dengan setulus hati, jujur dalam perkataan dan perbuatan, mampu menunjukkan keterbukaan dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan rakyat, memiliki kedekatan emosional dan rasional dengan rakyat, serta dapat menjalin hubungan yang menunjang perkembangan dan pertumbuhan yang dinamis dengan masyarakat.

Dinamika yang terjadi masih banyak pamong praja/ pelayan masyarakat / PNS yang tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika ia dipercayakan menjadi seorang pejabat. Kecenderungannya, mereka bekerja menurut standarnya sendiri padahal ada banyak aturan, norma, dan kebutuhan rakyat yang terkadang luput dari perhatian.
Pada hakikatnya, yang perlu diingat bahwa seorang pamong praja adalah pelayan masyarakat. Namanya pelayan, jika terkadang mendapat amarah, caci dan maki dari yang diabdinya ya seyogyanya mampu mengoreksi diri. Seorang pamong praja harus mampu meletakkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadinya. Memang tidak mudah menjadi seorang pamong praja, karena begitu banyak tuntutan dan harapan yang dibebankan kepadanya.
Karena itu, bagi Anda para pamong praja,,
SELAMAT HARI PAMONG PRAJA !
Tetap semangat,,
 [arien]


Sumber Referensi :
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_hari_penting_di_Indonesia 
  2. http://tusuda.net/pamor-pamong-praja/ 
  3. http://rhgmsi.blogspot.com/2011/12/pamong-praja-itu-bukan-raja.html 
  4. Falsafah Kepamongprajaan. http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=16&cad=rja&ved=0CEgQFjAFOAo&url=http%3A%2F%2Fwww.ipdn.ac.id%2Fwakilrektor%2Fwp-content%2Fuploads%2FFALSAFAH-KEPAMONGPRAJAAN.pdf&ei=Kts5ULTlL8LOrQf6jYG4Cg&usg=AFQjCNGWHIf4kw-W1Lwb00-p49yfQ5DeEQ&sig2=Mht3lXOXXOGGZUKDPtkdkQ