Senin, 03 September 2012

Menghadirkan Kegiatan Membaca dalam Keseharian Kita


Pepatah buku adalah sumber ilmu bukanlah sekedar omong kosong belaka. Membaca merupakan usaha agar orang menjadi tahu informasi dan ilmu yang terkandung di dalam buku tersebut. Hal-hal yang kita tahu dan lakukan dalam kehidupan sehari-hari ilmunya diperoleh dari membaca. Bahkan, konten-konten ilmu pengetahuan dalam internet, seperti di blog, website, dan lain-lain sumbernya diambil dari buku. Selain itu, banyak hal-hal kecil yang kita bisa ketahui dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari ternyata diperoleh melalui membaca. Sadar kan betapa pentingnya membaca buku itu?! Makanya, usahakan untuk menyelipkan kegiatan membaca dalam kehidupan sehari-hari Anda.
Berikut beberapa tips untuk menghadirkan kegiatan membaca dalam keseharian kita :

  1. Membawa Bahan Bacaan Jika Berpergian. Sediakan bahan bacaan yang dapat Anda baca dimana pun. Usahakan untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Sediakan buku yang tidak terlalu tebal di dalam tas Anda, sehingga ketika di luar rumah Anda memiliki waktu luang (misal: menunggu antrian, menunggu bus, dalam perjalanan naik taksi, dll), Anda dapat memanfaatkannya dengan membaca buku.
  2. Buku berbentuk e-book di HP Anda. Jaman Sekarang, berkat kemajuan teknologi handphone Anda dapat menjadi sebuah perpustakaan, yang mampu menampung banyak buku. Koleksi buku-buku yang Anda simpan dalam handphone Anda tersebut haruslah berbentuk e-book. Dengan bentuk e-book terdapat berbagai macam format, antara lain: pdf, txt, djavu, dll. Anda dapat mencari dan mendownload e-book di internet. Coba dan ceklah untuk mengetahui handphone Anda support e-book berformat apa, kemudian Anda dapat menyimpan e-book disesuaikan dengan kemampuan handphone Anda. E-book ini dapat Anda baca disela-sela aktivitas Anda di luar rumah, tanpa harus repot membawa-bawa buku.
  3. Didik Anak Agar Biasa Membaca. Pendidikan dimulai sejak usia dini. Ada baiknya, jika sejak kecil anak diajari dan diperkenankan menjalin hubungan yang akrab dengan buku. Jika sedari kecil anak biasa membaca buku, maka membaca akan menjadi bagian dari kehidupan harian mereka. Membaca menjadi kebutuhan hidup, bukan lagi sekedar hobi atau iseng Untuk mendidik anak Anda agar suka membaca ada beberapa caranya, yaitu antara lain : berilah contoh dengan membaca buku di depan anak (anak jangan dicontohin nonton tv saja ya ?!), sediakan bahan bacaan yang menarik dan disesuaikan dengan usia anak dan letakkan bahan bacaan tersebut agar dapat terjangkau oleh anak, luangkan waktu setiap harinya untuk melakukan kegiatan membaca bersama-sama anak, jangan paksa anak untuk membaca karena sebaiknya anak menganggap kegiatan membaca sebagai kegiatan yang menyenangkan agar dia tertarik, jika muncul pertanyaan dari anak usahakan untuk mengajaknya mencari jawabannya bersama-sama dari buku, bacakan cerita sebelum tidur pada anak Anda agar dia menyukai buku, dan pada anak yang sudah bisa membaca Anda dapat membacakan isi cerita kemudian memintanya untuk meneruskan membacanya sendiri.
  4. Sediakan bahan bacaan di rumah Anda. Usahakan membaca setiap hari secara rutin. Kenapa? Karena sebagai manusia kita harus memiliki prinsip hari esok harus lebih baik daripada hari ini. Membaca sebagai salah satu sarana menambah informasi dan ilmu pengetahuan. Dengan bertambahnya pengetahuan Anda, diharapkan wawasan Anda akan terus bertambah, dan harapan serta kesempatan untuk menjalani hidup dengan lebih baik akan selalu bertambah. Untuk menunjang kegiatan membaca Anda, letakkan bahan bacaan di tempat Anda biasanya membaca. Misalkan di ruang keluarga, atau di meja samping tempat tidur. [arien]

Penulis : Arien Bianingrum. http://tbmjovicyonline.blogspot.com/

Sumber Referensi :
http://detroitnumb.blogspot.com/2012/04/merangsang-kebiasaan-suka-membaca.html