Senin, 10 September 2012

Fungsi TBM


TBM (Taman Bacaan Masyarakat) adalah perpustakaan di tingkat RW. Sesuai namanya, TBM diharapkan sebagai bagian dari masyarakat. Dalam artian, dikelola oleh masyarakat, berada di tengah masyarakat, dan dipergunakan oleh masyarakat. Pengelolaan TBM di kota yogyakarta, sebagian besar telah mendapat pembinaan dan pendampingan dari Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta. Selain itu, tbm-tbm di kota yogyakarta yang hingga tahun 2012 ini jumlahnya 192 tbm tersebut telah memiliki wadah organisasi. Wadah tersebut adalah Forum Taman Bacaan (FTBM) Kota Yogyakarta.
Adapun, fungsi dari keberadaan TBM antara lain adalah, sebagai berikut :

1.      Sumber belajar.
2.      Sumber informasi
3.      Sarana rekreasi-eduksi.
Dengan kepemilikan bahan pustaka seperti buku, majalah, koran, majalah, film, atau lain-lain, diharapkan TBM mampu memenuhi fungsi keberadaanya di tengah masyarakat. Ketiga fungsi tersebut akan dapat dipenuhi oleh TBM dengan baik, apabila masyarakat pengelola TBM dapat merawat diri dan mempromosikan adanya layanan dari TBM. Selain itu, peran aktif pengelola TBM dalam mengajak masyarakat agar menyadari pentingnya kebutuhan membaca demi kemajuan. Kegiatan promosi dapat dilakukan dengan mengadakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan membaca, seperti: diskusi buku, bedah buku, lomba menggambar dan mewarnai berdasarkan tokoh atau hewan dari buku yang ditentukan, mengadakan acara menonton film bersama yang diangkat dari novel, dan lain-lain.
Oleh karena itu, teman-teman pengurus TBM, jangan lupa untuk mengingat fungsi keberadaan TBM yang dikelola.
Semoga tetap semangat !
[arien]

Sumber Referensi :
http://fauziep.blogdetik.com/2012/08/30/taman-bacaan-masyarakat-rintisan/ dengan judul Taman Bacaan Masyarakat Rintisan.