Jumat, 14 September 2012

Kegiatan Promosi di TBM Jovicy

     Kegiatan promosi harus terus dilakukan, agar keberadaan TBM tidak dilupakan orang. Dalam rangka menarik minat warga untuk berkunjung ke TBM Jovicy, maka TBM Jovicy mengadakan beberapa kegiatan. Adapun kegiatan tersebut antara lain yaitu :
  1. Acara nonton bersama. Terakhir pada bulan Ramadhan tahun 2012, selama beberapa malam marathon nonton film Harry Potter Seri 1 hingga 7 (merupakan film yang diadaptasi dari novel).
  2. Kelas mewarnai dan menggambar. Merupakan kegiatan yang diperuntukkan bagi anak-anak. Kegiatan ini diharapkan mampu mendekatkan anak dengan kegiatan membaca, karena acara di adakan di TBM Jovicy.
  3. Lomba menggambar. Berkerjasama dengan FKY, Jovicy mengadakan kegiatan lomba menggambar. Kegiatan ini melibatkan sekitar 100 orang anak di wilayah kelurahan Patehan.
  4. Sepeda santai. Kegiatan ini untuk mengajak anak berolahraga dan berekreasi. Berkumpul sebelum dan sesudah kegiatan di TBM Jovicy.
  5. Diskusi buku. Diskusi ini diadakan untuk memancing minat para remaja dalam membaca buku yang berisi tulisan saja (non komik/cerita bergambar).
  6. Hadiahkan Buku.  Program ini mengajak kepada masyarakat untuk memberikan hadiah buku dalam momen-momen istimewa, misal : hari ulangtahun, hari raya, dan lain-lain.
       Selain mengadakan berbagai kegiatan, TBM Jovicy juga melakukan beberapa promosi. Kegiatan promosi ini dilakukan dalam berbagai cara. Adapun promosi-promosi tersebut antara lain :
  1. Penyebaran pamflet. Kegiatan ini harus terus dilakukan secara berkala dan rutin dilakukan.  Penyebaran pamflet ini harus terus-menerus dilakukan, karena pamflet sebagai ‘pengingat’ kepada masyarakat tentang keberadaan TBM sebagai salah satu fasilitas kegiatan membaca bagi masyarakat.
  2. Perpustakaan keliling. Program ini merupakan kegiatan ‘jemput bola’ kepada pembaca. Dimana, biasanya pengurus yang ibu-ibu datang ke berbagai acara kemasyarakatan (misal: pertemuan PKK, posyandu, arisan, dan lain-lain), membawa sejumlah buku untuk ditunjukkan kepada ibu-ibu yang akan ditemui di acara-acara tersebut. Dengan dibawakan, para ibu tanpa bersusah payah dapat melihat berbagai buku, dan apabila tertarik dapat meminjamnya. Dan jika ingin tahu mengenai buku-buku lebih lanjut, maka dapat mendatangi TBM Jovicy.   
  3. Promosi dari mulut ke mulut. Memberi informasi secara lisan, kepada anak-anak tpa, anak les sempoa yang letaknya tidak jauh dari TBM Jovicy, apabila memiliki waktu luang dapat berkunjung dan bermain di TBM Jovicy. Promosi secara lisan ini juga dilakukan kepada teman-teman para pengurus TBM, sehingga teman-teman kuliah yang merupakan warga pendatang dari daerah lain pun datang ke TBM Jovicy. Selain itu, relasi bisnis (rumah tempat TBM Jovicy juga merupakan tempat usaha) dipersilahkan untuk membaca, meskipun sekedar membaca Koran.  
  4. Sosialisasi pentingnya menumbuhkembangkan minat baca kepada anak sejak usia dini. Kegiatan ini diadakan di posyandu tingkat RW.
  5. Sosialisasi keberadaan TBM, yang ruang lingkupnya di tingkat RW. [arien]
    Begitulah beberapa kegiatan promosi dan acara diadakan oleh TBM Jovicy kepada masyarakat. Di harapkan dimasa mendatang, kegiatan promosi dapat terus dilakukan, dan variasi kegiatannya dapat beraneka ragam.

Penulis : Arien Bianingrum. tbmjovicyonline.blogspot.com