Jumat, 17 Agustus 2012

Hadirkan Buku dalam Hadiah Lebaran


Untuk merayakan hari lebaran dalam masyarakat kita ada tradisi mengirim parcel dan salam tempel. Sebagai pecinta buku, dan ingin membagi kesenangan membaca kepada orang lain, tidak ada salahnya jika dalam momentum lebaran ini kita selipkan ‘pesan untuk mencintai membaca buku’.
  1. Parcel. Umumnya parcel atau bingkisan lebaran berisi makanan. Hal ini tidaklah mengherankan, karena lebaran identik dengan acara kumpul-kumpul, maka pastilah membutuhkan suguhan makanan dan minuman untuk jamuan para tamu. Untuk menghadirkan buku dalam momentum ini, tidak ada salahnya jika dalam parcel yang Anda kirimkan diselipi sebuah atau beberapa buku. Jangan lupa, buku yang Anda berikan itu sebisa mungkin berhubungan dengan momentum. Misalkan buku tentang agama, atau buku resep masakan (sebagai inspirasi memasak hidangan sahur, berbuka puasa, atau menjamu tamu saat hari lebaran).
  2. Salam tempel. Jika Anda mempunyai kebiasaan membagikan salam tempel berupa uang kepada para keponakan, ada baiknya jika Anda mencari variasi dalam pemberian salam tempel. Daripada memberikan dalam bentuk uang, lebih baik ajak para keponakan ke toko buku, suruh mereka memilih sendiri bahan bacaan yang mereka sukai sesuai anggaran yang Anda tetapkan.
  3. Sediakan bacaan di ruang tamu. Bahan bacaan tersebut dapat berupa buku, majalah atau sekedar koran. Dengan begitu ketika Anda sedang sibuk membuatkan minuman atau meninggalkannya sebentar untu suatu keperluan, tamu dapat menyibukkan dirinya dengan bahan bacaan tersebut.
  4. Souvenir tamu. Tidak ada salahnya jika tamu yang berkunjung ke rumah Anda diberi buah tangan atau souvenir berupa buku. Seperti buku tentang masakan atau majalah untuk para wanita, buku tentang agama atau komputer untuk para pria. Buku itu dapat sebagai kenang-kenangan ketika mengunjungi rumah Anda. Dan siapa tahu, mereka betul-betul membaca bahan bacaan yang Anda berikan dan dapat memperoleh manfaat dari situ, dan menumbuhkan ketertarikan membaca.
 Selain dalam momentum lebaran, Anda dapat memberikan buku pada momen-momen istimewa lain, semisal hadiah natal, tahun baru, ulang tahun dan lain-lainnya. Buku adalah benda yang bermanfaat karena dapat menjadi sarana rekreasi dan menambah ilmu pengetahuan. Jadi jangan ragu untuk mengajak orang untuk mencintai buku dan memiliki kebiasaan membaca. Selamat menularkan kebiasaan membaca kepada orang-orang terdekat dan lingkungan sekitar Anda. [arien]

Penulis : Arien Bianingrum. Yogyakarta. Agustus 2012.
NB : Diperpustakaan buku-buku yang berhubungan dengan kesenian dan rekreasi disimpan dengan kode angka 700.