Sabtu, 15 September 2012

Faktor-faktor Penyebab Kerusakan Bahan Pustaka Perpustakaan dan TBM

Perpustakaan dan TBM (Taman Bacaan Masyarakat) merupakan fasilitas umum. Maka, banyak orang yang mengakses dan memanfaatkan bahan pustaka yang ada di perpustakaan. Suatu benda – apa pun itu – perlu mendapat perawatan dan penyimpanan yang baik agar kondisinya awet dan bagus. Ada banyak faktor penyebab kerusakan bahan pustaka di perpustakaan dan TBM. Faktor-faktor tersebut akan dibahas di artikel kali ini, sekedar untuk berbagi pengetahuan kepada Anda, khususnya Anda pengguna fasilitas perpustakaan dan TBM.
Berikut ini beberapa faktor-faktor penyebab kerusakan bahan pustaka, antara lain :

  1. Faktor internal. Faktor internal adalah kerusakan bahan pustaka yang disebabkan oleh faktor buku itu sendiri. Faktor buku tersebut meliputi bahan kertasnya, tintanya, atau pun lem yang digunakan untuk menjilid bahan pustaka tersebut. Kertasnya melapuk, tintanya memudar, senyawa kimia yang terdapat dalam lem lambat laun akan terurai. Seiring dengan berjalannya waktu, bahan pustaka tersebut akan mengalami kerusakan (hancur dari dalam karena buku terdiri dari bahan organik yang bersifat tidak tahan lama).
  2. Faktor eksternal. Fakor internal adalah kerusakan bahan pustaka yang disebabkan karena pengaruh dari luar buku tersebut. Faktor eksternal ini dapat dibagi menjadi 2, yaitu :  



-      Faktor manusia. Faktor ini terjadi karena dalam kegiatan penggunaan, pemanfaatan dan perlakuan terhadap bahan pustaka yang kurang tepat. Seperti membalik-balik halaman buku dengan keras sehingga robek, melipat halaman buku untuk penanda, menumpahkan minuman di atas buku, dan lain-lain.
-       Faktor bukan manusia. Faktor bukan manusia ini meliputi : suhu dan kelembapan undara , serangga dan binatang pengerat, kuat lemahnya cahaya yang mengenai bahan pustaka, perabotan seperti rak yang digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan pustaka harus mampu menampung dan melindungi bahan pustaka dengan aman.

Suatu bahan pustaka lambat laun pasti akan mengalami kerusakan. Upaya pencegahan kerusakan bahan pustaka dapat dilakukan dengan memperhatikan tempat penyimpanan, kebersihan, suhu dan kelembapan udara dalam ruangan penyimpanan, pencahayaan, dan lain-lain. [arien]


Sumber Referensi :

  1. Oetomo, Santoso. Kerusakan bahan pustaka dan arsip karena faktor lingkungan dan cara penaggulangannya. 
  2. http://sebuahcatatanku.blogspot.com/2010/03/pentingnya-pemahaman-preservasi-bagi.html